Menggunakan Fitur Perjalanan Wisata di Google earth

Dengan Fitur Perjalanan Wisata Google Earth, Anda dapat merekam  perjalanan wisata pada lokasi di berbagai penjuru dunia. Pada video ini, Anda dapat merekam navigasi secara tepat dalam jendela 3D dan bahkan menambahkan audio Perjalanan Wisata, menyimpannya, berbagi, menggunakan Jalur Perjajalanan Wisata, dan lain sebagainya.

Unduh  Google Earth versi terbaru

 

Merekam selama dalam Perjalanan Wisata Makkah

Dalam tutorial ini hanya menambah trik/cara Merekam Perjalanan Wisata dari yang dilihat pada tutorial video di atas dengan melakukan Perjalanan Wsata ke Makkah

1.  Tandai tempat memulai perjalanan wisata 

    • pada Tool Bar pilih Place Mark, bidik jalan tempat memulai Perjalanan Wisata masukan Jl. Otista Bidaracina
    • Tampilkan pandangan 3D dengan mengatur navigasi, sorot pada Sidebar klik kanan pilih Snapshot View, dan pilih Directions From Here

2.  Menandai tempat singgah dan tujuan perjalanan Wisata

    • Pada Tool Bar pilih Place Mark bidik jalan tempat singgah dan tujuan perjalanan Wisata lainnya, masukan
    • Tampilkan pandangan 3D dengan mengatur navigasi, sorot Jakarta Airport pada Sidebar klik kanan pilih Snapshot View, dan pilih Directions To Here. Track/ jalur menghubungkan 2 tempat yang di tandai, pada gambar di bawah tampak garis kuning yang menghubungkan  Dari Ke dengan rincian Arah, Nama Jalan  yang dilalui dan Jarak yang ditempuh.
    • Track/ jalur juga dapat dibuat dengan Add Path dan Add Polygon lihat

3. Merekam Perjalanan Wisata hasil Pencarian Tempat/ lokasi

    • Perjalanan Wisata ini akan mulai dimainkan pada penampil 3D dan kontrol Tur muncul di sudut kiri bawah penampil 3D. Untuk jeda atau melanjutkan Wisata, klik tombol Pause / Play. Untuk maju cepat atau mundur dalam kontrol Tur, klik tombol panah (tekan berulang kali untuk maju atau mundur). Untuk memutar ulang Perjalanan Wisata lagi dan lagi, klik tombol Ulangi. Gunakan panel geser Tur untuk beralih ke bagian Perjalanan.
    • Kontrol ini akan menghilang jika Perjalanan Wisata tidak aktif untuk jangka waktu, tetapi Anda dapat memunculkan kembali dengan memindahkan kursor ke pojok kiri bawah jendela 3D.

            1. Kembali, play / pause dan tombol maju cepat
            2. Tour slider
            3. Waktu saat ini dalam tur
            4. Ulangi tombol
            5. Tombol Simpan tur
            6. Tombol Tutup tur
    • Saat tur diputar, Anda dapat melihat-lihat dengan menarik tampilan. Catatan bahwa ini tidak dibuat dengan kontrol Navigasi, karena Anda hanya dapat melihat lihat dari titik pandang tur. Ketika Anda berhenti tur, Anda dapat mengatur lagi kontrol Navigasi. Ketika Anda mengklik tombol putar lagi, Wisata akan dilanjutkan dari titik tinggalkan. Setelah tiba di tujuan Perjalanan Wisata , pastikan untuk klik tombol Tur Simpan.
    • Pada Panel atas klik Tools, pilih Options, pilih Touring. Dengan kotak diolag ini dapat mengatur sudut, ketinggian kamera untuk melihat pandangan yang diinginkan. Mengatur kecepatan untuk waktu tempuh.

Merekam tempat – tempat  Wisata

Place Mark tempat-tempat yang di kunjungi, tampilkan pandangan 3D dengan mengatur tombol Navigasi sesuaikan dengan pandangan yang diinginkan, jadikan Snapshot View. Pada panel  klik File pilih Save, pilih Save to My Place. Pada Sidebar, di bawah Place terdapat tempat-tempat Wisata yang siap untuk direkam.

Untuk merekam tempat-tempat Wisata, pada toolbar klik Tur. Kontrol perekam Tur muncul di sudut kiri bawah jendela 3D. Klik Tombol Rekam Untuk memulai dan berhenti merekam,  klik tombol Audio untuk menambahkan Suara. Jika sudah selesai merekam, hasil rekaman akan ditampilkan pada Sidebar dibawah Place. Rekaman Wisata Siap untuk di diputar.

              1. Tombol Rekam / Berhenti
              2. tombol Audio
              3. Waktu saat ini dalam tur
              4. Tombol Batal merekam tur

Open File klik

Bandara Internasional Soekarno Hatta

King Abdul Aziz International Airpor, Jeddah

Kota Makkah

Ka'bah

Kota Mina

Jabal Ar-Rahmah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar